Benarkah Semut Lebih Kuat Dibanding Manusia?

Melihat Keanekaragaman dunia binatang kadangkala membuat kita merasa takjub. Berbagai jenis hewan memiliki kemampuan dan kekuatan yang melebihi kemampuan manusia. Salah satu hewan tersebut adalah Semut.

Seekor Semut dapat mengangkat beban 50 kali bobot badannya atau dapat dikatakan bahwa kekuatan relatif semut adalah 50. Sedangkan Manusia rata-rata hanya dapat mengangkat beban 1 kali beban tubuhnya sehingga kekuatan relatif manusia hanya satu.

Jika ukuran Semut sama dengan manusia pasti akan menjadi makhluk yang sangat kuat. Hal ini mengakibatkan banyak rumor tentang semut lebih kuat daripada manusia, tentu saja dengan alasan tersebut. sebagai manusia tentu saja saya merasa terganggu dengan rumor tersebut, masa kita sebagai manusia lebih lemah dari semut ?

Namun apakah rumor tersebut benar adanya?


Kebenaran tentang siapa yang lebih Kuat, Manusia atau Semut dapat Diketahu kebenarannya melalui Ilmu Fisika, weh,weh
Ternyata Fisika banyak ya gunanya, makanya, Ayo yang Rajin Belajar Fisika !! Fisika itu Asyik dan Menyenangkan Kawan !

Seperti yang telah dibahas pada analisis tulisan saya Bagaimanakah ukuran hewan bila berubah menjadi raksasa?”.

Seekor semut yang ukuran tubuhnya L kali ukuran tubuh semut normal akan memiliki bobot tubuh L3 kali. Tetapi kekuatan seekor semut sebanding dengan luas ototnya. sehingga kekuatan seekor semut raksasa adalah L2 kali lebih kuat dibanding kekuatan semut normal dan akan dapat mengangkat L2 kali lebih besar atau :Beban yang dapat diangkat semut raksasa = (L2) (beban yang dapat diangkat semut normal)
Sehingga kekuatan relatif semut  raksasa adalah


Hal ini berarti kekuatan relatif semut raksasa lebih kecil dibandingkan kekuatan relatif semut normal dengan faktor 1/L.

Lalu bagaimana jika ukuran semut seperti ukuran manusia?
Berapakah kekuatan relatifnya?

Jika seekor Semut normal berukuran panjang 0,6 cm dan Manusia rata-rata memiliki tinggi 180 cm. Maka faktor perbesaran semut tersebut adalah 300 kali, Maka kekuatan relatif dari semut berukuran manusia adalah 1/300 dari kekuatan relatif Semut normal.
Karena kekuatan relatif Semut normal adalah 50, maka kekuatan relatif seekor semut berukuran manusia adalah 1/6. Bandingkan dengan kekuatan relatif Manusia yaitu 1 .

Dari pembahasan di atas, rumor yang mengatakan bahwa seekor semut lebih kuat daripada manusia "Tidak benar". 

Semut sudah seharusnya mempunyai kekuatan relatif yang lebih besar karena ukurannya yang kecil. Untuk membandingkan secara nyata kekuatan seekor semut dengan manusia maka harus diperhitungkan perbedaan dalam ukuran mereka. Dimana kenyataannya kekuatan relatif semut berukuran manusia lebih kecil dibandingkan manusia.

Dengan demikian, seekor semut secara intrinsik lebih lemah daripada manusia. Sebenarnya, seekor semut berukuran manusia bukan makhluk biologis yang dapat hidup, karena mereka hanya dapat mengangkat 1/50 bobot badannya. Dan bahkan makhluk tersebut tidak dapat mengangkat kaki-kakinya untuk mendaki melewati hambatan-hambatan kecil.

Siapa yang Lebih kuat, Manusia atau Semut ??
Tentu Penjelasan saya diatas Sudah cukup jelas untuk menjawab pertanyaan tersebut

Sekian, semoga bermanfaat
Referensi : Fisika Untuk Ilmu-Ilmu Hayati.UGM Press
Benarkah Semut Lebih Kuat Dibanding Manusia?  Benarkah Semut Lebih Kuat Dibanding Manusia? Reviewed by Sulistiyo Wibowo on Wednesday, August 26, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.